Saturday, April 27, 2013

Mengatasi Partisi Harddisk yang tidak terbaca setelah menginstall Windows 7


Asslamu'alaikum. .  !
Tadi Malem saya Re-Install Laptop saya.. yang awalnya windows XP 2 saya rubah ke Windows 7, Mengapa saya menginstall ulang ??? karena saya sudah bosen aja , tapi awalnya laptop saya memang windows 7, kemudian saya rubah ke windows XP, dan sekarang saya re-install lagi ke windows 7, awalnya partisi Harddisk saya ada beberapa partisi ....kemudian saya install ulang tapi tentunya Cuma partisi C aja yang di Format, karena di partisi lain itu banyak data2 penting... nah pas saya selesai Re-Install semuanya berjalan dengan normal-normal saja tapi sesudah Masuk ke Desktop , lalu saya liat Windows Exploler, Partisi saya cuma C saja,.. Saya bingung sendiri dan bertanya2 kemana data saya ?, agak tegang juga sih, cz data2 saya, saya letakkan dalam satu partisi, dan sisanya yang lain, saya jadikan sebagai system, ada yang untuk windows 7 nya sendiri dan ada juga yang untuk Linux, karena kebetulan saya juga linuxer, lalu saya coba nge-try Installer Ubuntu ternyata Pasrtisi saya ada dari situlah saya tau bahwa partisi saya di Windows tidak terbaca, dan setelah searching di Om Google akhirnya saya mendapatkan solusinya seperti berikut :


  • Masuk ke Command Prompt ( CMD ) => Start+R - Ketikkan CMD - lalu ENTER
  • Ketik => " diskpart " Tanpa Kutip ... lalu Enter dan tunggu beberapa detik , lalu klik Yes.
  • Ketik => " select disk 0 " Enter
  • Ketik => " list vol " Liat Volume yang belum punya Ltr , Liat Gambar di bawah

  • Ketik => " select vol ? " ( tanda tanya ganti dengan nomber volume yang belum punya Ltr ) Karena yang belum punya Ltr itu Volume 4 , jadi saya ketikkan " select vol 4 " lalu Enter
  • Ketik => " assign letter ? " ( tanda tanya ganti dengan Ltr yang anda mau ) Terserah mau F, G, J, D, I, E asalkan jangan kettikan Ltr yang sudah ada di situ.. nah kalo saya mengetikkan " assign letter J " karena Ltr "J" belum ada di daftar Ltr, jadi saya pakai "J" tapi kalo anda ya terserah semaunya anda sendiri :) 
Dan akhirnya Partisi yang hilang tadi Terbaca kembali,,,

Sekian , semoga bermanfaat.  .  !


Artikel Lainnya

55 comments:

  1. wah saya mah masih setia ke Windows XP , hehehe ! Tapi kalo masalah cewek kayaknya ngga , wakakakak !

    ReplyDelete
  2. ea, sebenernya law menurut saya ndiri, mang lebih enak windows xp gan, hanya saja kadang ada apliksi yang g' kompetible...!

    makasih atas kunjungannya,,,!

    ReplyDelete
  3. Terimakasih bagi-bagi pengalamannya. Kebetulan sama persis dg kejadian sama saya. Mantaff.

    ReplyDelete
  4. @Denny N. Natawijaya:
    sama-sama gan,, !, makasih dah mampir di blog sederhana ane,,,!!

    ReplyDelete
  5. nice post...thx gan...sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  6. @Tarmizi Achmad:
    Sama-sama ! Makace juga atas kunjungannya

    ReplyDelete
  7. @Idea n' Concept:
    Oke gan !!
    Makace juga udah mampir ke blog ane !

    ReplyDelete
  8. thank's buat agan...saangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan !!
      makace juga dah berkunjung ke blog saya !

      Delete
  9. gan saya habis instal ulang laptop ku tapi isi dalam partisi drive nya tidak ter baca...
    bagaimna yahhh???

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sendiri belum pernah ngalamain seperti itu gan !!
      cz yang saya post disini yang udah saya alami !!
      v saran saya coba check kapasitasnya !!
      apa kah kapasitasnya masih kosong atau sudah terpakai, untuk memastikan data agan mace ada atau tidak, !!
      cuma itu solusi dari saya gan !!
      makce dah berkunjung

      Delete
  10. thanks broo,,dua kali coba baru bisa,,kecemasan langsung hilang

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah terima kasih sangat membantu

    ReplyDelete
  12. waktu itu saya ingin mengintall ulang windows, pas di pilihan repair gitu saya malah memencet delet pada local disk D, saya kira itu memformat local disk D. tapi saat install ulangnya selesai, saya melihat ke explorer local disk D saya hilang, apa ada cara buat ngebalikinnya ? makasih suhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau salah memformat partisi, saya hanya bisa ngasih saran di recovery saja gan,,

      Delete
  13. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  14. Gan, gmna kalo ltr-nya ada tp saat partisi di klik selalu minta format, gmna solusinya agar tidak di format dan data terbaca? Thanks

    ReplyDelete
  15. Gan, gmna kalo ltr-nya ada tp saat partisi di klik selalu minta format, gmna solusinya agar tidak di format dan data terbaca? Thanks

    ReplyDelete
  16. Gan, gmna kalo ltr-nya ada tp saat partisi di klik selalu minta format, gmna solusinya agar tidak di format dan data terbaca? Thanks

    ReplyDelete
  17. Terima kasi banyak gan atas bantuannya..sangat membantu...

    ReplyDelete
  18. Thanks gan... sangat membantu buat ane...

    ReplyDelete
  19. Replies
    1. oke gan, syukur klo postingan ane dapt bermanfaat

      Delete
  20. gan,, kalo saya ikutin cara di atas,, apakah isi drive D saya akan jadi hilang ? atau hnya mmnculkan partisi yg sbelumnya sdah ada saja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. partisinya akan muncul kembali gan, dan file-nya juga aman.
      saya sudah mencobanya sendiri.

      Delete
  21. Mantap mas bro, makasih banyak.. It's workk.!!!!

    ReplyDelete
  22. nuhun pisan..masalah terselesaikan dengan mulus..partisi hilang kembali. semoga jadi amal sholeh.

    ReplyDelete
  23. pake cara di atas gak mujarab gan !!! please help
    kumpulan problem saya:
    no bootable device-- please insert disk....
    gak bisa masuk windows
    masuk ke cmd dir E: malah the device is not ready
    drive c d ada cma drive D yg gak ada...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika masalahnya seperti itu
      jelasa tidak bisa menggunakan cara di atas gan

      biasanya kalau seperti itu terjadi masalah pada bootloadernya gan.

      silah di cek lagi

      Delete
  24. Mantap bang..partisi HD ane jd balik lagi.thx

    ReplyDelete
  25. gan mo nanya, ane dah pakai cara di atas, alhamdulillah berhasil menghidden dan memunculkan lagi, masalah muncul ketika saya munculkan, maka nongol tuh drivernya, tapi dalam drivernya kosong g ada filennya, saya cek size nya udah terisi, tapi file g ada, gimana cara agar file tersebut muncul. mohon infonya gan.

    ReplyDelete
  26. Terimakasih bagi-bagi pengalamannya. Kebetulan sama persis dg kejadian sama saya. Mantaff. [2]

    ReplyDelete
  27. Makasih banyak gan,,, sangat mmbantu,,,,

    ReplyDelete
  28. Alhamdulillah ya Allah,, trmksh gan inponyaa hatur nuhun
    Smoga Allah s.w.t mmberikan balasan trbaiknya utk dirimu. Amin

    ReplyDelete
  29. thanks gan, informasinya , ini sangat membantu banget, dan akhirnya hardisk ane kebaca lagi , semoga Allah memberi balasan terbaik untuk agan

    ReplyDelete
  30. Bermanfaat banget nih artikel kebetulan mau partisi HDD, oh iya gan kalau pengen tahu informasi seputar kesehatan alat kelamin bisa BACA DISINI

    ReplyDelete
  31. Makasih gan, Alhamdulillah bermanfaat bgt.

    ReplyDelete
  32. Hardisk saya buat 2 partisi, yaitu C system dan D data
    Awalnya partisi D saya bitlock gan, pada saat saya install windows 8 dari wondows7 partisi D tsb jadi tidak terbaca.
    Kemudian saya kembalikan lagi isntal ke windows7, tapi tetap aja tidak terbaca.
    Saya coba pakai cara diatas yg agan terangkan, masih aja list vol nya yg muncul cuma C sama DVDR saja. Yg D nya ga terbaca

    Mohon pencerahannya gan, maklum data" penting ada di D semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pake app pihak ketiga gan, seperti GParted atau aplikasi lain.

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, dan silahkan tinggalkan jejak, baik berupa komentar, saran, ataupun kriktik yang bersifat membangaun. Terimakasih...!