Wednesday, January 4, 2017

Cara Mengatasi Terminal Tidak Autocomplate Saat Ditekan TAB

  

Biasanya ketika menuliskan perintah di terminal cukup ketik beberapa karakter kemudian tekan tab maka perintah itu akan secara otomatis komplit, seperti saat menuliskan perintah "sud" kemudian tekan tab akan secara otomatis komplit menjadi "sudo" atau "apt-g" otomatis jadi "apt-get" atau "inst" ketika di tekan tab akan otomatis menjadi "install" dan lain sebagainya. Fitur ini sangat bermanfaat untuk meminimalisir kesalahan dalam menuliskan perintah di terminal, namun ada kalanya fitur ini tidak berfungsi, seperti yang saya alami sekarang ini contohnya. Terminal saya tidak bisa autocomplate saat saya menekan TAB ketika menuliskan perintah dan hal ini sangat menjengkelkan bagi saya karna hal ini saya rasa sangat tidak efisien, namun setelah saya browsing di goole akhirnya saya menemukan solusinya.

Berikut ini caranya:

Pertama.
Pastikan di komputer anda sudah terinstall paket "bash-completion", jika belum silahkan masukkan perintah berikut ini :

$ sudo apt-get install bash-completion

atau dengan cara re-install paket ini dengan perintah :

$ sudo apt-get install --reinstall bash-completion

Kedua.
Pastikan bash-completion sudah di aktifkan di .bashrc.
Jika belum, silahkan edit file .bashrc dengan cara :

$ gedit ~/.bashrc

kemudian tambahkan script dibawah ini :

# enable bash completion in interactive shells
if ! shopt -oq posix; then
  if [ -f /usr/share/bash-completion/bash_completion ]; then
    . /usr/share/bash-completion/bash_completion
  elif [ -f /etc/bash_completion ]; then
    . /etc/bash_completion
  fi
fi

Ketiga.
Silahkan logout dan login kembali.

Semoga Berhasil.

Sumber : http://viid.me/qumpym

Artikel Lainnya

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, dan silahkan tinggalkan jejak, baik berupa komentar, saran, ataupun kriktik yang bersifat membangaun. Terimakasih...!