Monday, February 27, 2017

Cara Mengatasi "System Program Problem Detected" pada Linux Ubuntu

Sejak beberapa hari ini, setiap kali saya masuk ke linux "Ubuntu" saya, saya selalu di suguhi popup "System Program Problem Detected" seperti pada gambar di atas, sekalipun tidak ada gejala yang lebih serius namun hal ini membuat saya risih, karna setiap kali saya menghidupkan komuter saya, pesan ini selalu saja muncul dan bukan hanya satu, bahkan tumpang tindih sampai 5 pesan yang sama. Katanya sih, pesan ini muncul karna adanya paket atau program yang crash di linuxnya.
Tapi, tidak usah khawatir karna untuk mengatasi masalah tersebut tidak sulit dan bisa dikatan cukup mudah, apalagi jika anda sudah biasa menggunakan linux.

Pertama :

1. Buka Terminal
2. Tuliskan Perintah Berikut ini :

$ sudo rm /var/crash/*


Note : Perintah di atas digunakan untuk menghapus semua konten yang ada di folder crash. Hal ini di lakukan untuk menghapus kontek-konten yang crash, sehingga pesan tersebut tidak muncul lagi. Akan tetapi jika ada paket yang crash lagi maka pesan itu akan muncul lagi. jadi agar pesan tersebut tidak tampil lagi lakukan langkah berikut ini :

Kedua :
1. Buka Terminal
2. Tuliskan perintah berikut ini :

$ sudo gedit /etac/default/apport


Note : Perintah di atas digunkan untuk mengedit file apport menggunakan text editor gedit jadi silahkan ubah kata "gedit" di atas sesuai dengan text editor yang anda gunakan misalakan "mousepad" dll.

3. Ubah angka 1 menjadi angka 0 pada baris enable sehingga menjadi seperti beriut ini :

enable=1

menjadi

enable=0

4. Simpan dan Restart Komputer Anda.

Jika semua langkah di atas dilakukan dengan benar, InsyaAllah Pesan "System Program Problem Detected" tidak akan muncul lagi.

Artikel Lainnya

2 comments:

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, dan silahkan tinggalkan jejak, baik berupa komentar, saran, ataupun kriktik yang bersifat membangaun. Terimakasih...!